Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel
| seputarpedia.my.id |
Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi untuk mengolah data yang berupa angka dalam bentuk baris dan kolom, atau lebih dikenal dengan sebutan worksheet (lembar kerja). Perangkat lunak aplikasi spreadsheet, pada umumnya merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office.
Lembar kerja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows), Pertemuan baris dan kolom disebut Sel. Untuk kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536.
Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell). Misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 7 disebut sel B7. Dan Sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.
Microsoft Excel dapat digunakan untuk membuat dan memformat workbook untuk menganalisis data dan membuat data. Secara khusus, kita dapat menggunakan Excel untuk melacak data, membangun model untuk menganalisis data, menulis rumus untuk melakukan perhitungan pada data itu, memproses data dalam berbagai cara, dan menyajikan data dalam berbagai grafik.
Fungsi Microsoft Excel
- Membuatan berbagai macam diagram, grafik serta tabel
- Untuk membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, dan meringkas data.
- Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika
- Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
- Membuat daftar hadir, daftar nilai, daftar siswa dan karyawan
- Untuk keperluan laporan keuangan, anggaran keuangan dan catatan keuangan.
- Untuk Membantu menyelesaikan soal-soal matematika dan logika.
- Membantu Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata.
- Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat.
- Fasilitasnya lengkap dan praktis untuk digunakan.
- Untuk keperluan administrasi keuangan dan masih banyak lagi...
Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel "