Cara Menggunakan Rumus TRIM di Excel Untuk Menghapus Spasi
Pada saat kita meng-copy paste tulisan dari sumber lain untuk suatu keperluan, terkadang tulisan tersebut mengandung banyak spasi yang tidak perlu sehingga kita harus merapihkan tulisan tersebut dengan fungsi Trim
Untuk mengatasi masalah diatas kita langsung saja ke tutorialnya, berikut langkah-langkah menggunakan rumus Trim :
Fungsi Trim pada Microsoft Excel adalah untuk menghilangkan atau menghapus Spasi berulang yang tidak diperlukan disebuah teks, kecuali spasi antar kata. Fungsi ini berfungsi untuk merapihkan tulisan yang tidak beraturan.
Seperti pada gambar berikut ini adalah contoh tulisan atau teks yang mengandung banyak spasi, sehingga jumlah karakternya menjadi lebih banyak.
| www.seputarpedia.my.id |
Cara Menggunakan Rumus TRIM Pada Microsoft Excel
| www.seputarpedia.my.id |
Misalnya pada kolom Nama diatas adalah teks yang spasinya berlebihan dan cara menghapus dan menghilagkan spasi di excel cukup mudah, cukup memasukan rumus berikut ini:
Keterangan:
Saya rasa tutorial menghilangkan spasi di excel atau menghilangkan spasi di spreadsheet diatas cukup gampang dan mudah untuk dipahami, tinggal kita mengaplikasikanya saja.
=TRIM(text)text = adalah cell yang berisi teks atau kalimat yang ingin kita perbaiki kesalahan spasinya.
Pada kolom TRIM di atas adalah teks yang sudah diperbaiki menggunakan rumus Trim, sehingga terlihat lebih rapih bukan? dan pada kolom Jumlah Karakter adalah jumlah huruf dan spasi pada teks tersebut.
Dan untuk membuktikan dan melihat jumlah karakternya kita gunakan rumus Len berikut ini:
=LEN(text)kamu pernah gak sih kadang susah screenshot di laptop kadang jengkel banget, tapi sekarang ada cara mudah biar kamu bisa Screenshot dengan mudah dan langsung di simpan gambarnya
Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Rumus TRIM di Excel Untuk Menghapus Spasi "